Wortel Rebus dan Antioksidan Super

Apa yang pertama terlintas dalam pikiran anda saat melihat wortel? Bobo, si kelinci pahlawan masa kanak-kanak anda itu atau hasil belanjaan piknik ke Lembang dan Puncak? Menurut kami, jawabannya adalah kesehatan total. Wortel tidak hanya segar dimakan mentah tapi juga bisa di kukus kemudian di lembutkan dibuat semacam puree kentang. Cara memasak seperti itu terbukti tidak mengurangi nilai gizinya. Bahkan kandungan antioksidannya jadi lebih banyak, demikian hasil penelitian dari Universitas Arkansas.


Ahli gizi, Profesor Luke Howard dan asistennya, S.T. Talcott dan C.H. Brennes mengukur kadar antioksidan pada wortel segal dan wortel yang sudah dikukus. Hasilnya wortel yang sudah dikukus mengandung kadar antioksidan lebih tinggi dibandingkan wortel segar. Hasil penelitian ini juga dilaporkan dalam Journal of Agriclultural and Food Chemistry, yang dipublikasikan The American Chemical Society.

“Jadi anggapan sayuran segar itu lebih sehat, tidak selalu benar,” tambah Howard.

Howard dan koleganya memasak wortel tersebut dengan dan tanpa kulit luarnya. Kemudian mengukur aktivitas antioksidan selama empat minggu lebih. Parameter yang diukur adalah subtansi antioksidan, seperti asam fenolik dan betakaroten. Seperti diketahui, antioksidan bisa menetralisasi radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, Alzheimer, dan masalah pencernaan.

Para peneliti tersebut menyebutkan bahwa kadar antioksidan meningkat 34,3% segera setelah proses pemasakan selesai dan bertambah terus selama satu minggu kemudian. Setelah itu menurun, tapi masih tetap lebih tinggi kadarnya dibanding kadar antioksidan pada wortel mentah.

taken from NX

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: