Tuning Windows XP

Mengapa Windows semakin lambat? Karena semakin banyak beban yang menghambat sistem.

 

Tuning XP

 

Selamat datang di arena Formula 1! Dengan registry-tweaks yang tidak didokumentasikan, tool gratis yang sangat ampuh, dan sebuah tune-up-utilities, tinggalkan pembalap lain jauh di belakang Anda.

Pembalap yang terlalu sering menginjak rem akan kalah. Bila Anda membuang beban dan melepaskan rem yang menghambat laju sistem, perhatikan satu aturan lalu-lintas: Prioritaskan keamanan! Michael Schumacher tidak akan memulai balapan tanpa terlebih dulu mengenakan sabuk pengaman. Backup data Anda sebelumnya.

Tips berikut ini mengakses jauh ke dalam sistem sehingga mengandung resiko. Hanya mereka yang berhati-hati yang akan menikmati hasilnya.

TRAINING
Tweaking Games, Aplikasi, dan Download

Panaskan Windows XP dengan tuning-tool yang mudah dioperasikan.

1. Mempercepat game komputer
Game 3D-shooter seperti Quake4 menuntut banyak resource. Bagi profesional, tuntutan ini bukan masalah. Dengan sebuah tool gratis, hilangkan gambar goyang dalam games. Untuk itu, instalasikan GameXP (www.theorica.net) dan aktifkan option ‘Modify some default Windows Services to increase speed’. Klik ‘Warp Speed’ agar PC di-setting optimal untuk games.

Catatan: Baca file ‘Readme.txt’ dalam arsip ZIP yang telah di-download. Di bawah ‘Technical Information’ dapat Anda baca perubahan apa yang dilakukan tuning-tool secara rinci.

2. Prioritas tertinggi dalam menu konteks
Program yang berjalan dapat Anda beri prioritas lebih tinggi dalam Windows Task Manager, misalnya saat encoding file video. Jika Anda harus sering mengubah prioritas, jalan melalui Task Manager terlalu rumit. Dengan sebuah tweak-tool, prioritas dapat diubah melalui menu konteks.

 

 

 

Image

Fine-tuning Tool gratis ‘XQDC X-Setup Pro’ memungkinkan akses ke hampir 1.800 setting Windows.

Download versi gratis dari ‘XQDC X-Setup Pro’ (www.x-setup.net) dan jalankan tool. Pilih tampilan ‘Classic’ dan klik ‘System | Advanced Performance Settings | Start High Priority Context Menu’. Aktifkan ‘Enable command on context-menu for EXE-file’ dan konfirmasikan dengan mengklik ‘Apply’. Mulai sekarang, Anda dapat menjalankan setiap aplikasi dengan prioritas lebih tinggi. Klik icon aplikasi yang akan dijalankan dan pilih ‘Start High Priority’.

Catatan: Tool ini memungkinkan akses ke hampir 1.800 setting Windows yang tidak didokumentasikan atau sulit dicapai. Bagi pengguna yang kurang berpengalaman tersedia wizard yang membantu melakukan tuning.

 

3. Mempercepat download
Dengan SP2, Microsoft telah membatasi jumlah koneksi paralel TCP/IP menjadi 10 buah. Ini memberikan keamanan, tetapi menghambat kerja bursa-tukar. Singkirkan pembatasan ini dengan sebuah patch yang memodifikasi file ‘tcpip.sys’ dan sebuah registry-hack.

Pertama, download ‘EvID4226Patch’ (http://www.lvllord.de) dan ekstrak file ZIP-nya. Setelah mengklik ganda file EXE yang ada, akan tampak sebuah jendela DOS yang menanyakan apakah Anda ingin meningkatkan batas menjadi 50. Konfirmasikan dengan menekan tombol [Y] dua kali untuk menjalankan patch. Berikutnya, jawab jendela keamanan Windows dengan mengklik ‘Stop’ dan ‘OK’.

Kemungkinan besar, virus-scanner Anda akan melaporkan adanya bahaya karena trojan juga menggunakan teknik yang sama seperti patch ini untuk menyebarkan diri lebih cepat. Abaikan laporan yang muncul dan matikan sementara virus-scanner Anda.

Patch hanya meningkatkan jumlah koneksi yang setengah terbuka (ada dalam waiting-list). Karena jumlah koneksi TCP/IP biasa dibatasi 10, Anda perlu mengubah satu nilai dalam registry. Windows XP memungkinkan penggunaan sampai 16.777.214 koneksi paralel.

Jalankan registry-editor, masuk ke kunci ‘HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Services\Tcpip\ Parameters’. Buat sebuah nilai DWORD dengan nama ‘TcpNumConnections’ dan beri nilai ‘00fffffe’ (hexadecimal) atau ‘16777214’ (decimal). Setelah restart, tidak ada lagi pembatasan jumlah koneksi.

QUALIFYING
Matikan yang Tidak Perlu, Percepat Graphics card

Dengan registry-hacks dan tool rahasia, panaskan XP sekarang.

4. Optimalkan Autoexec
Misalkan Anda ingin menjalankan aplikasi Word bersama Windows. Namun, bila Anda sekadar memindahkan shortcut ‘Word.exe’ ke dalam folder Autoexec, start Windows akan menjadi lambat. Masalah ini dapat diatasi dengan sebuah script VBS yang akan menjalankan aplikasi setelah Windows start.

Untuk membuat script, jalankan notepad. Ketikkan perintah berikut.

Option•Explicit
Dim•objshell
Dim•WaktuTunggu
WaktuTunggu•=•30000
WScript.sleep•WaktuTunggu
Set•objshell•=•Wscript.Create
Object(»Wscript.shell«)
objshell.Exec•(»path•ke•file•word.exe«)

Nilai ‘WaktuTunggu’ menentukan kapan aplikasi akan dijalankan. Dalam contoh, Word akan dijalankan setelah 30.000 milidetik atau 30 detik. Pada sistem yang di-setting dengan benar, semua layanan Windows yang relevan akan dijalankan setelahnya.

Masukkan path ke ‘Word.exe’ setelah ‘objshell.exec’ dengan tepat dan simpan dengan nama ‘start.vbs’. Tentu saja Anda dapat memasukkan aplikasi selain Word. Jika Anda ingin menjalankan beberapa aplikasi, tambahkan saja perintah objshell.exec lain di bawahnya.

Kebanyakan virus-scanner menunjukkan reaksi alergi terhadap VBS-script. Coba klik ganda script yang baru dibuat tadi. Bila Anda mendapatkan laporan dari virus-scanner, ijinkan script untuk dijalankan. Selanjutnya, copy ‘start.vbs’ ke folder ‘Autoexec’. Setelah restart, aplikasi akan dijalankan setelah WaktuTunggu terlewati, sementara Windows XP dapat langsung digunakan.

 

5. Tuning graphics card 3D
Melalui freeware aTuner, graphics card 3D tipe GeForce, Quadro, dan Radeon dapat diatur setting-nya dengan cepat dan efektif. Anda dapat mengatur anti-aliasing secara individual dan mengoptimalkan semua fungsi OpenGL hanya dengan mengklik. Anda dapat menemukan aTuner di alamat http://www.3dcenter.de/atuner/.

 

 

 

Image

Mengoptimalkan anti-aliasing Pilih nilai anti-aliasing yang paling tinggi dalam daftar.

Setelah dijalankan, tool akan mengidentifikasi graphics card Anda dan menginstalasikan driver yang sesuai. Untuk memperbaiki anti-aliasing, pilih nilai yang diinginkan dari kedua daftar di bagian atas. Nilai yang ditampilkan di sini tergantung pada driver graphic-card yang terinstalasi. Daftar di sebelah kiri menentukan nilai untuk aplikasi OpenGL, sementara yang kanan untuk aplikasi Direct3D.

Dengan mengklik ‘OpenGL extra’ Anda akan sampai ke sebuah dialog yang menawarkan lusinan setting. Setting berwarna kelabu tidak dapat berfungsi pada driver yang terinstalasi. Klik ‘Optimize’ di sisi bawah layar, pilih ‘Maximize Performance’. Lakukan hal yang sama melalui tombol ‘Direct3D extra’. Bila saat tuning ada yang tidak berfungsi, kembalikan ke setting lama dengan mengklik ‘Reset default’.

6. Matikan fungsi POSIX
Posix memungkinkan penggunaan fungsi-fungsi Unix di bawah Windows—menurut Microsoft tidak lagi didukung sejak Windows XP digunakan. Namun, para pembuat Windows merahasiakan bahwa sebenarnya Posix masih berfungsi di latar belakang. Ia mengkonsumsi resource sistem dan membuka celah keamanan. Melalui registry Anda dapat mematikan Posix.

Jalankan registry-editor dan masuk ke kunci ‘HKEY_LOCAL_ MACHINE\ System\CurrentControlSet\Control\ SessionManager\SubSystems’. Di sana Anda akan menemukan entri ‘Optional’. Di bawah ‘Value’ tercantum teks ‘Posix’ yang berarti layanan ini aktif. Untuk mematikannya, klik ganda entri ‘Optional’ dan hapus kata ‘Posix’. Setelah restart, layanan Posix akan dimatikan.

Catatan: Windows XP juga dapat menguasai perintah-perintah Unix. Posix telah diganti dengan ‘Windows Services for Unix’ yang dapat Anda download dari http://www.microsoft.com/windowsservicesystem/sfu/default.mspx.

RACE
Registry Tuning dan Mengurangi Beban CPU

Sekarang tune-up XP hingga maksimal dan pacu dengan kecepatan tertinggi.

7. Menyingkirkan entri-entri tersembunyi dalam registry
Entri-entri tersembunyi tidak dapat ditampilkan dengan regedit maupun disingkirkan dengan cleaning-tool seperti RegSeeker. Kabarnya, tool anti-spyware yang canggih seperti ‘Hijack this’ juga gagal pada entri-entri registry yang lebih panjang dari 256 karakter dan rangkaian karakter ANSI 8 bit yang berakhiran 0.

 

 

Image

Meneropong registry Perintah reg juga menemukan entri-entri yang dengan sengaja disembunyikan di dalam registry.

Untuk membersihkan folder Autoexec dengan tuntas, Anda membutuhkan baris perintah internal Windows. Jalankan regedit atau tool seperti RegSeeker dan bersihkan kunci ‘HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\ CurrentVersion\Run’ dari semua entri yang tidak diperlukan seperti biasa.

Selanjutnya, klik ‘Start | Run’ dan buka DOS-box dengan perintah berikut.

cmd

Untuk menemukan entri-entri tersembunyi, ketikkan perintah berikut.

reg•query•HKLM\Software\Microsoft\
Windows\CurrentVersion \Run•/s

Jika Anda menemukannya, hapus dengan perintah berikut.

reg•delete•HKLM\Software\Microsoft\
Windows\CurrentVersion\Run\Nilai•tersembunyi

Catatan: Perintah ‘Reg’ menawarkan banyak fungsi yang penjelasannya dapat Anda baca dengan mengetikkan perintah berikut.

reg•/?

 

8. Mempercepat playback HD
Video beresolusi tinggi dalam format High Density (HD) yang dimainkan dengan Media Player 10 biasanya harus di-decode oleh CPU. Sebuah patch dapat menghubungkan akselerator video DirectX (DXVA) dengan Media Player. Ini akan sangat mengurangi beban CPU karena GPU (Graphic Processor Unit) yang akan melakukan decoding.

Catatan: Patch hanya berfungsi pada graphic-card yang mendukung DXVA seperti Nvidia GeForce 6.

Untuk men-download patch, masukkan kode ‘888656’ di website Microsoft. Agar ia berfungsi, Anda membutuhkan sebuah patch lainnya, yaitu update untuk WMV-HD-Digital-Rights Management. Instalasikan patch untuk DRM terlebih dulu, setelah itu untuk akselerator. Patch ini berfungsi pada semua content HDTV yang dimainkan dalam resolusi standar 720 x 1.080 pixel dengan frame-rate 30 fps.

Know-How:
Penghambat Registry

Bila registry tersumbat, Windows tidak berfungsi dengan lancar dan mulai tergagap. Saatnya untuk bersih-bersih. Separah apa registry Anda terbebani dengan yang tidak perlu, tergantung jumlah program yang terinstalasi. Entri-entri mana saja yang membengkakkan registry dan melumpuhkan Windows XP? Baca penjelasan berikut.

 

 

Image


Nilai dalam kunci-kunci Autoexec:
Program-program yang dijalankan saat start tercantum dalam subkey ‘Run’ dan ‘Run Once’ di lokasi ‘HKEY_LOCAL_MACHINE\ Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion’. Terlalu banyak entri akan memperlambat start Windows.

 

 

Image


Tipe file yang tak digunakan:
Semua akhiran file terkait dengan aplikasi tertentu. Sebagai contoh, ‘acw’ terkait dengan wizard Help (accwiz.exe). Jika Anda tidak membutuhkannya, singkirkan akhiran ini. Tabel akhiran file dan aplikasi terkait dapat Anda lihat di http://www.endungen.de.

 

 

Image

Tidak berlaku: Anda dapat melacak entri-entri yang tidak berlaku dengan RegSeeker. Saat tool memberi laporan, biasanya ia menemukan trojan atau spyware.

 

Image

Links yatim-piatu: Bila program tidak menyingkirkan entri-entri dalam registry saat uninstall, Anda memiliki file-path yang tidak mengantar ke mana pun. Link semacam ini juga ditemukan oleh RegSeeker.

 

Pit-Stop: Mengklaim Kapasitas Hard Disk dan CPU, Mengganti Fungsi Pencari yang Lambat

Mengenai fungsi layanan indeks dalam pencarian file dalam Windows 2000 ada berbagai pendapat pro dan kontra. Bila dimatikan akan didapat kapasitas hard disk dan CPU. Bila layanan tetap aktif, akses ke hard disk lebih cepat dan Windows membutuhkan waktu lebih sedikit untuk menemukan file. Solusi : Matikan layanan dan gunakan tool pencari gratis.

1. Matikan layanan indeks file

Klik ‘Start | Run’ dan buka jendela ‘Services’ dengan perintah berikut.

services.msc

Klik kanan ‘Indexing Service’ dan pilih ‘Stop’. Anda masih perlu mematikan indeksasi pada setiap partisi. Untuk itu, klik kanan salah satu partisi, misalnya ‘c:\’, lalu buka ‘Properties’. Matikan ‘Index drive for quick file-search’. Dalam dialog berikutnya, beritahu Windows bahwa setting ini berlakun untuk subfolder. Tergantung ukuran hard disknya, proses ini bisa berlangsung cukup lama. Setelah selesai, restart PC.

2. Menyediakan tool pencari yang lebih cepat
Download tool ‘Agent Ransack’ dari website http://www.mythicsoft.com. Setelah instalasi, jalankan freeware ini melalui ‘Start | All Programs | Agent Ransack’.

 

 

 

Image

Advanced-Search: Freeware-tool ‘Agent Ransack’ jauh lebih hebat dibandingkan tool pencari Windows.


3. Mengintegrasikan tool pencari

Agar dapat mengoperasikan tool pencari seperti Windows-Search, pertama copy ‘AgentRansack.exe’ ke folder ‘Windows\ System32’. Klik kanan file yang baru Anda copy tadi dan berikan sebuah shortcut, misalnya [F3], melalui jendela ‘Properties’. Shortcut default [Win]+[F] tidak dapat berfungsi karena Windows tidak menyediakannya sebagai pilihan. Aktivasi melalui ‘Start | Search’ disediakan sendiri oleh tool. Dalam menu Search tinggal pilih ‘Agent Ransack’. Anda juga dapat mengaktifkan pencarian dengan mengklik ‘Start | Run’ dan mengetikkan. ‘AgentRansack.exe’.

Check: XP Cepat dalam 5 Langkah
Bebaskan Windows dari beban yang tidak perlu agar berjalan dengan benar. Langkah-langkah berikut perlu Anda lakukan secara teratur beberapa bulan sekali.

 

1. Mengosongkan folder Autoexec: Klik ‘Start | Run’ dan ketikkan

msconfig

Singkirkan tanda di depan semua entri yang tidak perlu dalam ‘Startup’. Selanjutnya, periksa apakah ada entri-entri yang juga tidak diperlukan dalam folder ‘Startup’ di bawah ‘Start | All Programs’.

2. Membersihkan registry: Instalasikan RegSeeker yang gratis disini. Klik ‘Cleanup Registry’ untuk menyingkirkan entri-entri yang tidak perlu dalam registry.

3. Singkirkan sisa driver: Graphic-card sering meninggalkan sisa data yang tidak dihapus saat update. File-file ini bisa Anda hapus dengan tool gratis Driver Cleaner PE. Pilih graphic-card atau sound-card Anda di bawah ‘Cleaning Selection’ dan klik ‘Add’. Melalui ‘Show Details’ dapat Anda baca file-file mana yang akan dihapus. Untuk mulai menghapusnya klik ‘Start’.

4. Menghapus sampah data: File temporer, sisa-sisa program, cookie, dan beban lain dapat Anda singkirkan dengan CrapCleaner. Pengoperasiannya sangat mudah.

5. Merampingkan Windows: Komponen bahasa Asia, Windows-Tour, dan hal-hal lain yang menghabiskan tempat di hard disk dapat Anda singkirkan dengan XPlite versi demo. Singkirkan tanda di depan semua fungsi yang tidak Anda butuhkan melalui ‘Add/Remove Components’. Klik ‘Next’. Tool akan membuat sebuah restore-point lalu menyingkirkan komponen yang bersangkutan.

Source : CHIP 05 2006

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: