Cara Konyol Belajar Bahasa Jepang

KanjiGara2 temen gw kirim sms pake bahasa jepun.. secara gw buta banged ma neh bahasa.. hohoho.. akhirnya gw googling. ehh.. dapet kek gini…🙂 naluri posting muncul dech😉 sapa tau lain kali gw butuh.

 

########################## START ##########################

0,1,2,3,4,5,6,7,8,9

  • 0 = zero / rei, gampang
  • 1 = ichi, ingat: hiji (sunda), siji (jawa)
  • 2 = ni, ingat: niniii… sudaaaah tuaaaaa… giginyaaaa tinggaaaal duwaaaaa…
  • 3 = san, TODO: insert-gambar-pisang-3
  • 4 = shi / yon, ingat: angka 4 nulisnya doyong ke kanan
  • 5 = go, ingat: go-cap, go-pek
  • 6 = roku, ingat: angka 6 seperti kait buat ngebuka rok😀
  • 7 = nana / sichi, ingat: nana, pacarku yang ke-7, suka mandi kembang 7 rupa, biar bisa main 7 hari 7 malam🙂
  • 8 = hachi, ingat: 8 kayak lubang hidung, tempat ingus keluar kalo flu: hachi! hachi!
  • 9 = kyuu / ku, ingat: angka 9 dalam permainan kartu = kyu!
  • 10 = jyuu, ingat: BELUM ADA

[A]

ame = hujan

  • waktu hujan turun, bayiku nangis kenceng. jadinya harus diajak becanda pake lagu “pok ame ame, belalang kupu kupu…”

ani = kakak laki-laki

  • aneh, kakak laki-laki kok namanya ani… orang jepang memang aneh…

ane = kakak perempuan

  • kakak perempuan gue aneh, orangnya kayak sadako (tokoh serem di film The Ring)

atarashii = baru

Cara lucu untuk mengingat:

  • kalo masih baru, pasti masih bau terasi, ihihihi…

ashita = besok

Cara nggak lucu untuk mengingat:

  • besok pergi ngapel ke rumah shita

atsui = panas

Cara lucu untuk mengingat:

  • kalau kepanasan, bisa bersin-bersin “hatchi, hatchi, hatsui!””
  • kalau kepanasan, orang Jawa akan mengumpat atsu! panas temen iki rek!!!

[B]

bengoshi = pengacara, lawyer

  • yang bisa jadi pengacara itu pasti selalu orang yang jadi biang gosip!

benri = nyaman

biru = gedung

  • gedung yang tinggi, puncaknya pasti ada di langit yang biru

biiru = bir/beer (bedanya cuma ditulis pakai katakana, bukan hiragana)

  • lagi tinggi gara-gara kebanyakan minum biiru

byooin = rumah sakit

  • semua orang yang datang ke rumah sakit pasti sedang kena sakit boyok, lagi in!? cat: boyok = sakit pinggang (jawa)

[C]

chichi = bapak (untuk menyebut bapakku. bapak orang lain = otoosan)

  • bapakku adalah pendekar taichi chi chi chi… bukan echo cho cho cho cho…

Chiisai, Chii = kecil. chibi biasanya dipakai untuk kata imut.

  • Biasanya kalo cewe mo ngatain cowonya, begini-nih, “Chiii..Say.. kok kecil beneeerrr?”.

Chikai = deket

  • Waktu itu Fivda pagi-pagi disuruh ke Sugity untuk pertama kalinya.. Karena belum tau tempatnya dia panik.. “Wehhh dimana tuh Sugity ??? ” Jawab gw ” Itu di Chikairang deket kok dari sini cuma sejam” dan Fivda pun pergi dengan hati senang😀
  • Chika itu temen gue yg rada-rada nyebelin soalnya suka deket2. “Chika iiih.. jangan deket2 donk, bulan puasa nih”

[D]

daitouryou = presiden, huku daitouryou = wakil presiden

  • presiden kita itu sebenarnya adalah seorang dai tooh, ryoo? yuuuk…

(ps: bayangin SBY sedang ceramah pinjem sorbannya Aa Gym, yuuuk…)

  • dai-tour-you : presiden kita adalah seorang dai yang sedang tour sama you!😀

dare = siapa

  • Kue dare(tar) sapa nehh.. enak benerrr…

denki = listrik

  • kesetrum listrik membuatku dengki sama PLN!

denwa-bango = telpon

  • kalo mo nelpon, cekik dulu leher si dewa bangau, anggap aja lehernya itu gagang telpon :))

doa = pintu

  • doa mirip pengucapannya dengan door (door [en] = pintu)
  • jika ingat pintu, ingat selalu pintu kubur, hiii… jadi biar nggak lupa untuk membaca doa dulu
  • setiap kali melihat pintu, tempelin doa masuk pintu biar selamat🙂

doko = di mana

  • doko (doku) gw ilang nehhh .. ada yg tau dimana ga? pasti si Fivda yang ngambil 😀

dochira = di mana (synonim nya doko)

  • dooough chira chira ada di mana dompet gue? pasti Si Fivda (lagi) yang ngambil😀

douzo = Silahkan. douzo yoroshiku = Senang bertemu denganmu. douzo yoroshiku onegaishimasu = Lebih sopan dari yang di atas, biasanya dipakai pada waktu pertemuan/konferensi.

  • Kalau membukakan pintu, selalu orang jepang bilag “Douzo” sambil nunduk yang artinya “Silahkan”(masuk). Urutannya biasanya gini: Dourong pintu trus mendouyongkan badan, bilang Douzo.

doushite, doushita, doushita mono ka, doushitemo(pendeknya dari donna koto wo shite mo) = macam-macam “bagaimana”. Doushite bisa juag diartikan sebagai “mengapa”.

  • Ingat dasarnya saja, doushite. Selanjutnya bisa anda kembangkan sendiri.

dorayaki = Sejenis kue yang seringkali diterjemahkan sebagai donat (mana bolongnya ya…) di edisi-edisi awal Doraemon.

  • Supaya inget, baca terus manga karya Fujimoto Hiroshi dan Abiko Motoo yang sangat terkenal, Doraemon!

doya doya = datang dengan ramai, ramai

  • Kalo orang yang suka foya-foya, berarti suka menghabiskan uang dalam jumlah banyak!

[E]

eetoo = tidak ada artinya, biasanya digunakan untuk jeda, sambil mikir mo ngomong apa

eiga = Movie / Film tapi juga bisa dibilang Bioskop

  • bioskop eiga

[F]

furui = Lama / Furui = Tua

  • dalam bahasa jepang huruf F sering digantikan dengan huruf H, sebab tidak ada Huruf F.

Nah teman-teman Hu-Jit-Suu, selama ini kita bekerja diperusahaan yang salah. sebab dijepangnya sono, katanya ngga ada Fu-Jit-Suu.

[G]

gohan = nasi (sudah dimasak), makanan

  • kalo inget makan nasi, inget sama Son Gohan (tokoh utama Dragon Ball Z). Soalnya Son Gohan selalu rakus sama nasi, makannya biasanya 7 piring!
  • kata-kata turunan dari gohan:
    • asagohan = makan pagi (sarapan)
    • hirugohan = makan siang
    • bangohan = makan malam

gurai = kira-kira

  • kira-kira kalo muke elo disiram gurai kambing, bonyok nggak ya?

genki = baik-baik saja / sehat

  • (Eg. ougenki desuka? (Apakabar?/Apakahbaik2 saja?) jawab: Hai, Genki desu (Sehat2 saja))
  • anggota genk selalu sehat-sehat, karena terbiasa tawuran.

ginko = bank

  • (nggak lucu) kalo genki = sehat, bank yang sehat = genki ginko
  • (kalimat orang aneh:) Saya pernah nanem ginko babat di brankas bank saya… hehehe

[H]

haha = ibu

  • ibuku adalah orang yang paling lucu sedunia… hahaha… :))

hajime = mulai

  • kalau mau memulai sesuatu, selalu minta ijin sama haji me (haji memetz)
  • (nggak lucu): kalau mau tanding, biasanya wasit gulat bilang hajime!

hajimemashou = mari kita mulai

  • [___]mashou = mari kita [___]

Contoh:

  • hajimemashou = mari kita mulai (hajime = mulai)
  • owarimashou = mari kita akhiri (owari = akhir)
  • kaerimashou = mari kita pulang (kaeri = pulang)
  • main mashou = main mas yuuuk… (main = play :))

herikutsu = berkilah, berdalih, mencari-cari alasan, menghindar

  • hari ini adalah hari kusut sedunia (dus, hari-kusut ~~> herikutsu), karena gw belon bisa bayar utang (utangnya sih cuman seribu perak), harus cari-cari alasan biar bisa menghindar bayar tahun depan (dus, hari-kusut == berdalih, cara-cari alasan untuk menghindar).”

hi = api

  • api? hiiiii, sereeemmm…

hiru = kering, siang hari, lintah

  • kalo dihisap lintah, khulit jadi bhiru dan khering, seperti terbakar matahari di siang hari
  • kalo masih siang, warna langit masih hiru😀
  • Catatan: Jangan tertukar dengan biru (biru = gedung, bir)

hirugohan = siang nasi, makan siang

  • sederhana saja, gabungkan hiru (siang) dan goban (nasi)

hirusugi = sore (setelah siang)

  • lihat entry: hiru = siang, sugi = setelah

hisashiburi = lama tidak berjumpa

  • di negeri antah berantah, kalo orang udah lama nggak ketemu, pas ketemunya harus melakukan ritual hisap si burit (bandung: burit = p*nt*t)
  • kalo udah lama nggak ketemu, ke belakang sono, hisap hisap buritan kapal! (atau buritan yang lain juga boleh :D)

hisho = sekretaris

  • cara nginget Sekertaris Lucu -> Minta nomer HPnya donk!
  • sekretaris kantor gue suka hishop-hishop jarinya oom direktur, hihihihi…😀

[I]

ikura = berapa

  • kalo mau nanya berapa, selalu tanyain ke pak kura-kura ninja saja.
  • semilyar kura-kura sedang berjemur di tepi pantai, sepanjang penglihatan hanya terlihat kura-kura saja, tak tampak seekor monyet pun. Jadi, berapakah jumlah kura-kuranya? (tentu saja semilyar, dong, ah bodor… )

ima = sekarang

  • nggak ada cara lucu untuk mengingatnya

imooto = adik perempuan

  • adik perempuan gue imut banget, lucu kayak boneka, pipinya sering gue cubit-cibitin😀

isha = dokter

  • dokter-dokter pada nggak mau sholat isha, sibuk banget sih, katanya sih ntaran aja kalo udah subuh.

itadakimasu = yuk kita makan, kalimat yang diucapkan sebelum makan

  • kata kuncinya adalah ita, daki, mas.
  • pertama-tama, bayangkan anda pergi ke sebuah restoran yang menyediakan menu daki si ita, ah, ngaco anda bilang? ingat, semakin ngaco, semakin mudah diingat lhooo…
  • si ita (purnamasari) nggak pernah mandi, badannya penuh daki, jadi, menu favorit di restoran si ita ini adalah daki si ita, karena si ita orang jawa, maka ketika pelayannya menyodorkan menu ini, dia akan bilang: ita daki, maaas…

[J]

jin = orang

  • Tulisan di atas dibacanya “Jin sama dengan Orang“, kita semua tau ini bohong, ternyata orang jepang tukang tipu juga.

nihon jin = orang jepang

  • semua orang jepang adalah keturunan jin!.

[K]

kaeri = pulang kaerimashou = mari kita pulang

  • kalo kita naik angkot, dan sudah nyampe (pulang) ke rumah, biasanya kita bilang kaeri, kaeri, bang!.

kaisha = perusahaan

  • perusahaan adalah tempat untuk meng kaish-kaish rejeki

kaishain = karyawan perusahaan

  • penambahan akhiran “[___] in” memiliki arti: “penghuni dari [___]”

Contoh:

  • kaishain = penghuni perusahaan (karyawan perusahaan)
  • contoh lain lagi duongg…

kanai = istri

  • ingat lagunya A Rafiq: kana, kana, engkaulah gadis india, pujaan hatikuu…
  • lihat entry: shujin = suami (ingat sujen). Suami suka nusuk-nusukin sujen, istrinya akan bilang kena!, kena!, kena! kalo pas kena enaknya. Kalo pas kena nggak kenanya, dia akan bilang: ayo, berusahalah… uuh, aah, uuh, oooh…😀

kantan = mudah, gampang

  • untuk membat kantan dari parutan kelapa, mudah dan gampang! tinggal ambil parutan, ambil kelapa, tamparin ke pipi si Fivda yang chubby😀, trus diperes-peres, dapet deh kantan kelapa chubby😀
  • be-kantan adalah sejenis monyet yang idungnya gede, dan kalo bulan purnama bagian pan*at nya merah dan membesar seperti abis ditabokin anak-anak SMA. Kalo ngga tau juga, Ini salah satu Icon di Dufan. Jadi inget aja.. “Kalo be-kantan aja bisa, kenapa gue engga“.. gampang kan?

kasa = Payung

  • dijepang cuma ada payung kasa(rangka/jaring2). Percuma buat kehujanan. <— howakakakakakak… yang ini lucu banget… langsung apal! hwakakakakak….

kazoku = keluarga

  • belum lucu: keluargaku adalah kazo (hadiah) terindah buatku

Contoh penggunaan:

  • kazoku wa gonin desu = keluarga saya lima orang (ada lima orang dalam keluarga saya)

kawai = imut

  • bayangkan sebuah kawah yang imut, dari bibir kawahnya mengeluarkan boneka-boneka yang imut🙂

keitai-denwa = henpon, HP, telepon genggam

  • bayangin henpon kamu adalah henpon yang paling jelek sedunia, sehingga kamu benci banget megangnya, trus saking jengkelnya, jadi pengen ngebanting sambil bilang, “hape kaya tai dewa!”

kosui = banjir!

  • bayangin anak-anak kos di UI yang tiap hari harus selalu berhadapan dengan banjir!
  • JAWA TIMURAN: kok sui gak teko-teko? (=kok lama nggak datang-datang?) Omahku banjir, rek!

[___] kudasai = tolong [___]

  • Contoh
    • mite kudasai = tolong dilihat (lihatlah)
    • kiite kudasai = tolong didengar (dengarlah)
    • yonde kudasai = tolong dibaca (bacalah)
    • kaite kudasai = tolong ditulis (tulislah)
    • itte kudasai = tolong diucapkan (ucapkanlah)
    • kotaete kudasai = tolong dijawab (jawablah)

Perhatikan bahwa hampir semua kalimat di atas diakhiri dengan [___]ite kudasai. Untuk menghafal:

  • mite: m asosiasikan dengan mata –> lihat
  • kiite: k asosiasikan dengan kuping –> dengar
  • yonde: transformasikan yonde menjadi konde berhufur Y untuk dibaca –> baca
  • kaite: asosiasikan kait dengan bulpen (bulpen berkait untuk menulis) –> tulis
  • itte: asosiasikan itte dengan itik yang berbunyi ciap-ciap –> ucap
  • kotaete: asosiasikan dengan kotak sulap yang bisa menjawab segala pertanyaan –> jawab

kusou = bohong / pembohong , kalau di bagian ditambahkan awalan “chi” menjadi chi-kusoo artinya akan mirip dengan kata “Shit” dalam bahasa inggris.

  • ngga usah dikasih cara nginget mudah, biasanya kata-kata kasar gini gampang ngingetnya.
  • orang yang sholatnya khusyu, biasanya tukang bohong! (eh, gue tau faktanya nggak begitu, tapi ini kan pengen lucu-lucuan doang… maap, ye…)

kyou = hari ini. (Eg: kyou wa samui desu ne? = hari ini dingin yah?) (“kyo” dan “u” itu beda kanji, tapi tetap cara bacanya kyoo. Meskipun ada juga yang membaca kyou. ) (hati-hati jangan mengucapkan “kyou” saja sebelum tanda baca koma, karena ada 8 macam “kyou” yang bisa digunakan! Untungnya “kyou” yang ini saja yang memakai dua kanji(今日))

kyou = kitab suci budha

kyou = menteri

kyou = hiburan, senang

kyou = malang, sial

kyoukyou = gila

  • Orang yang kena sial terus menerus(kyou) bisa jadi gila(kyou-kyou)!

kyou = kuat

[L]

Orang Jepang nggak kenal huruf L. Jadi, praktis huruf L nggak pernah digunakan.

Huruf L biasanya digantikan dengan huruf R (gile bener yak, ngomong L aja belom bisa dah ngomong R duluan). Contohnya Mc.Donald akan dibaca “Ma-Ku-Do-Na-Ru-Do” , liat kan bagaimana huruf L jadi Ru, dan huruf sisanya jadi pada kaga karuan.

[M]

Minna = Semua

Minna-san = Eh loe pade-pade / Hee penontoon

  • (nggak lucu banget) inget tragedi di Mina ? waktu semuanya meninggal?

mizu = air

  • shim, shimizu… sedotannnya kuwat, semburannya kuwenceng…

musuko = anak laki-laki

  • anak laki-lakiku adalah musuhku! (gampang banget kan? jangan sedih, ini cuma biar apal doang… tentu saja anak laki-lakuku adalah sahabatku…🙂
  • lihat entry: musume = anak perempuan

musume = anak perempuan

  • anak perempuan adalah musuhmu! (gampang banget kan? jangan sedih, ini cuma biar apal doang… tentu saja anak laki-lakuku adalah sahabatku…🙂
  • lihat entry: musuko = anak laki-laki

muzukashii = sukar, rumit

  • muzu-r skali jimat yang di-kashii mbah dukun tapi pake-nya rumit & sukar di pake orang biasa

[N]

nani = apa

  • apa? o [sensor]? o [sensor] ga suki desu ka?
  • Jawab: Haaaaiiii.. O-[sensor] ga dai-suki desu!
  • apa? kamu suka o [sensor] ?

niku = daging

  • kalo pengen makan daging, yang paling enak dimakan: yakiniku di hoka-hoka-bento.

nomu = minum

  • pas gw minum, gw selalu nemu permata, tapi kadang nemu sepatu juga dalam gelas… (bayangin!)

[O]

oishii = lezat, enak

  • kalo ingat makanan lezat, pasti dalamnya ada isinya, biasanya ganja :))
  • oo ishii ganjaa… pantesan enak…

okaasan = ibu

  • bayangin ibu kamu adalah orang bali, badannya gede besar (gede = ookii), namanya I GEDE OKA SAN (OOKII ditransformasikan menjadi OKA).

owari / owarimase= selesai

  • Kalo dah kecapean habis ngerjain tugas biasanya orang bilang, “Owa…rrrgh… dah selesai nih…

owarimashou = mari kita akhiri

  • [___]mashou = mari kita [___]

Contoh:

  • hajimemashou = mari kita mulai (hajime = mulai)
  • owarimashou = mari kita akhiri (owari = akhir)
  • kaerimashou = mari kita pulang (kaeri = pulang)
  • main mashou = main mas yuuuk… (main = play :))

ookii, hajime, ooini, dai, ta = Gede/Besar

  • emang sih, artis yang namanya Oki-lukman itu badannya guede amat.
  • OKI = organisasi yang anggotanya orang Arab, tau sendiri, kalo Arab, pasti anunya gedhe gedhe😀

otooto = adik laki-laki

  • adik laki-laki gue seorang bina raga, otot-ototnya menonjol-nonjol kayak bisul, dia suka makan bayam, dan sering niru gaya si popeye🙂

[P]

pan = roti

[Q]

  • Ngga ada!! Gila..Bahasa indonesianya aja susah nyarinya.

[R]

rou = tua

  • orang tua biasanya kan giginya sudah rountok…

rika = ilmu pengetahuan (sains)

[S]

sai = umur

  • say! sayaaang, umur kamu udah tiga puluh satu taun, kok masih suka ngompol? masih suka ngisep jari? masih suka ngiler? dewasa dong… dewasa! malu aku jadi pacar kamu…

samui = dingin/adem

  • berteduh di bawah pohon asam di kampus UI? ademmmm!
  • pengen ngadem? berteduh saja di bawah pohon asam di UI, pohonnya ada freezernya lho…😀

sensei = suffix untuk guru (e.g. Tokuyou-sensei 德耀先生)

  • (nggak lucu): di china, semua suhu dipanggil sinshe

shain = karyawan

  • jadi karyawan nggak kaya-kaya? rashain!
  • Akhiran “-in” memiliki arti “penghuni”. lihat kaishain.

shachoo = direktur, huku shachoo = wakil direktur

  • ngaco aja direktur itu…..,aku ngaco sama wakil direktur

shigoto = pekerjaan

  • kalau ingat tentang pekerjaan, ingat saja sama pekerjaan zygote
  • pekerjaan zygote adalah membawa kenikmatan dalam hubungan😀
  • apa pekerjaan kamu? pekerjaan saya adalah sebagai zygote, yang bekerja keras membawa benih pejantan menuju indung telur betina (halah! kepanjangan… :p)

shujin = suami

  • kalau ingat suami, ingat sujen (jawa: sujen = tusuk sate), karena semua suami hobi menusuk-nusukkan sujennya🙂

sugi = setelah

  • setelah merampok bank, pasti kita jadi sugih (sugih[jw] = kaya)

suki = Senang/Suka

  • Cara ngga lucu: suki mirip ama suka, bedanya cuma huruf a diganti sama i
  • Cara lucu: (belum ada)

[T]

taberu = makan

  • TODO: belum ada cara konyol untuk menghafal

takusan = Banyak

  • ta ku sangka, ternyata tikusnya banyak juga!

tango = kosakata

  • Bayangkan wafer tango disusun ke dalam rak-rak berderet (ingat rak di swalayan atau di perpustakaan). Setiap bungkus bertuliskan satu kata yang masing-masing berbeda-beda dan berurutan dari A sampai Z. Rak-rak yang diisi wafer tango ini menjadi sebuah kamus raksasa!
  • Setiap orang yang ingin mengetahui arti dari suatu kata harus pergi ke perpustakaan wafer tango ini🙂

taishikan = kedutaan

  • kalo mau ke kedutaan, siap siap masker hidung ya, karena di sana banyak tai si ikan yang baunya amis!

tanjoubi = Hari Ulang Tahun, Kata Dasar bi berarti Hari

terebi = televisi

  • orang jepang nggak bisa bilang “V”. Bunyi “B” digunakan untuk menggantikan bunyi “V”.
  • orang jepang juga suka motong kata seenak perut mereka, sehingga yang seharusnya jadi “terebisi”, disingkat jadi “terebi” saja.

tokai = jam

  • tokai tokai di dinding instead of cicak cicak di dinding.
  • untuk kamuflase, tokai tokai di dinding berubah menjadi jam dinding!

tomodachi = Teman/Kawan

  • Inget aja Tamagotchi Electronic Pet Friend. Sejenis mainan elektronik, yang biasanya jadi gantungan kunci, didalamnya ada karakter yang dapat di beri makan, minum, di beri obat, sampai besar. Lalu setelah besar dengan seenaknya pergi.

Tori = Burung(unggas) / Bird

  • tori in-furu-en-za kalau di artikan perkata jadi burung influensa atau burung flu. Kalau di bahasa indonesia itu kadang tidak baik jika di ucapkan. Karena seharusnya Flu Burung.

[U]

uisukii = whisky

  • gampang sekali. pengucapannya mirip.

ureshii = menyenangkan

Urusai = ribut, berisik, rewel

Cara inget Lucu:

  • Say… kamu kaya ngga ke-Urus-Say , baju dekil, rambut gimbal, celana robek-robek, sandal bolong, tali kolor aja sampe melar trus diiket-iket karet. (Sorry, jadi ngatain gini, kalo diterusin batal puasa nih)

[V]

vodoka = Vodka

[W]

watashi = saya

Macam-macam saya

watashi = aku, saya (modern).

ware = saya(model lama).

watakushi = lebih formal.

atashi = dipakai oleh wanita.

atakushi = lebih formal.
Yang di atas adalah yang umum. Yang di bawah adalah versi khususnya.

boku = bahasa gaul, dipakai oleh lelaki biasanya.

ore = biasanya dipakai oleh pria, tetapi sangat jarang dipakai.

washi = Dipakai oleh pria tua ojiisan.

asshi = Dipakai dari periode Edo, dipakai oleh pria.

temae = Dipakai oleh para pedagang dari periode Edo, sangat merendah.

sessha = Dipakai oleh samurai dari periode Edo. Agak merendah.

ora = Dipakai oleh anak-anak.

wagahai = Betul-betul tua. Cuma sedikit orang yang mengetahuinya sekarang.

uchi = Dipakai oleh wanita dan dialek Osaka(Osaka-ben).

soregashi = Dipakai oleh samurai di periode Edo(saja, tidak dipakai sekarang).

[X]

Tidak ada X dalam bahasa Jepang. Yang ada adalah: ekkusu (dalam katakana).

[Y]

yasumi = istirahat

  • kalo mo istirahat, yok kita ciumi (yasumi) bantal guling bau iler, halah!
  • Catatan: oyasuminasai = selamat tidur

yasumimashou = mari kita istirahat

  • [___]mashou = mari kita [___]

Contoh:

  • hajimemashou = mari kita mulai (hajime = mulai)
  • owarimashou = mari kita akhiri (owari = akhir)
  • kaerimashou = mari kita pulang (kaeri = pulang)
  • main mashou = main mas yuuuk… (main = play :))

youkoso = Selamat datang, senang bertemu denganmu.

  • Cara rada-rada rumit: Jika anda bisa mandarin, coba jadikan you, ko, sou. You=ada. Ada orangnya nggak? Kalo ada kita sapa (biasa gitu kan kalo kita cari orang). Ko+u=mulut. Ucapkan dengan mulut. Sou, jadikan shou=tangan. Jabat tangan, jika anda baru bertemu pertama kali. Ya, seterusnya kembangkan sendiri menurut cara anda.

[Z]

zaa = Bunyi tiruan hujan zaa-zaa = Bunyi tiruan air zabun = Bunyi tiruan barang jatuh ke air zaku-zaku = Bunyi tiruan menginjak pasir zanbun / zanburi = Bunyi tiruan barang jatuh ke air, bunyi debur

  • Biasanya kalo di manga(komik jepang) kan kalo ujan ada tulisan zaaaaaaz… (tertulisnya ざあ~~~っ)
  • Ada zabun jato ke air…

zanpan = Sisa makanan

  • Kalo ada makanan jatuh, orang kaya bilangnya apa?(biasanya lho… terlalu kaya sih soalnya :P)

########################## END ##########################

dicopas dari http://id.wikibooks.org/wiki/Cara_Konyol_Belajar_Bahasa_Jepang/Kamus

========================= UPDATE!!! =======================

KATA GANTI
Saya = watashi, watakushi, shousa, boku, atashi, ore
Kami = watashitachi, bokutachi, bokura, atashitachi, oretachi
Kamu = anata, kimi, omae
Kamu sekalian = anatagata, kimitachi, omaera
Dia (laki) = kare, karera (jamak)
Dia (perempuan) = kanojo, kanojora (jamak)
Ini = kore, korera (jamak)
Itu = sore, are, sorera (jamak), arera (jamak)

GREETING
Selamat = omedetou (gozaimasu)
Selamat ulang tahun = tanjoubi omedetou
Selamat pagi = ohayou (gozaimasu)
Selamat siang = konnichiwa
Selamat malam = konbanwa
Selamat datang = youkoso, itteirasai
Selamat tinggal = sayonara
Selamat istirahat = oyasumi (nasai)
Apa kabar = ogenki desuka, o kigen ikaga desuka (formal)
Sampai jumpa lagi = mata aimashou, itte mairimasu

Spada = gomen kudasai
Permisi = shitsureishimasu
Silakan = douzo
Maaf = sumimasen, gomen (nasai)
Terimakasih = doumo, arigatou (gozaimasu)
Terimakasih kembali = dou itashimashite
Iya = hai
Tidak = iie
Saya berangkat = ittekimasu
Selamat jalan = itterasshai
Saya pulang = tadaima
Selamat datang = okaeri (nasai)
Selamat makan = itadakimasu
Terimakasih utk hidangannya = gochisousama deshita

ANGKA (BANGO)
1 = Ichi
2 = Ni
3 = San
4 = Shi/ yon
5 = Go
6 = Roku
7 = Sichi/ nana
8 = Hachi
9 = Ku/ kyuu
10 = Juu
11 = Juuichi
12 = Juuni
13 = Juusan
14 = Juushi/ juuyon
15 = Juugo
16 = Juuoku
17 = Juusichi/ juunana
18 = Juuhachi
19 = Juukyuu
20 = Nijuu
21 = Nijuuichi
22 = Nijuuni
23 = Nijuusan
30 = Sanjuu
37 = Sanjuunana
40 = Shijuu
50 = Gojuu
60 = Rokujuu
70 = Nanajuu
80 = Hachijuu
90 = Kujuu
100 = Hyaku
101 = Hyakuichi
110 = Hyakujuu
172 = Hyakunanajuuni
1.000 = Sen
1997 = Sen.kyuuhyaku.kyuujuu.nana
2.000 = Nisen
10.000 = Man/ ichiman
1.000.000 = Hyakuman

HARI-HARI (HIBI)
Minggu = Nichiyoubi
Senin = Getsuyoubi
Selasa = Kayoubi
Rabu = Suiyoubi
Kamis = Mokuyoubi
Jumat = Kinyoubi
Sabtu = Doyoubi

Pagi = asa
Menjelang siang = gozen
Siang = hiru
Menjelang sore = gogo
Sore = yuugata
Malam = yoru/ ban

2 hari lalu = ototoi
Kemarin = kinou
Hari ini = kyou
Besok = ashita
2 hari lagi = asatte
Dulu = mukashi
Sekarang = ima
Masa depan = mirai/ shorai

Minggu/ pekan = shuu
Minggu depan = rai shuu

TANGGAL
Tanggal 1 = Tsuitachi
Tanggal 2 = Futsuka
Tanggal 3 = Mikka
Tanggal 4 =Yokka
Tanggal 5 = Itsuka
Tanggal 6 = Muika
Tanggal 7 = Nonoka
Tanggal 8 = Youka
Tanggal 9 = Kokonoka
Tanggal 10 = Toka
Tanggal 11 = Juuichi nichi
Tanggal 12 = Juuni ichi
Tanggal 14 = Juuyokka
Tanggal 19 = Juukyuu nichi
Tanggal 20 = Hatsuka
Tanggal 21 = Nijuuichi nichi
Tanggal 23 = Nijuusan nichi
Tanggal 24 = Nijuuyokka
Tanggal 30 = Sanjuu nichi
Tanggal 31 = Sanjuuichi nichi

NAMA BULAN .:rumus: bilangan pokok + gatsu:.
Januari = Ichigatsu
Februari = Nigatsu
Maret = Sangatsu
April = Yongatsu/ shigatsu
Mei = Gogatsu
Juni = Rokugatsu
Juli = Sichigatsu/ nanagatsu
Agustus = hachigatsu
September = kugatsu
Oktober = juugatsu
November = juuichigatsu
Desember = juunigatsu

Bulan = getsu
Bulan lalu = sengetsu
Bulan ini = kongetsu
Bulan depan = raigetsu

MUSIM (KISETSU)
Musim panas = natsu
Musim gugur = aki
Musim dingin = fuyu
Musim semi = haru
Empat musim = shiki

Tahun = nen/ toshi
Tahun lalu = kyonen
Tahun ini = konnen/ kotoshi
Tahun depan = rainen

KET. TEMPAT
Di atas = ue ni
Di bawah = shita ni
Di dalam = naka ni
Di luar = soto ni
Kanan = migi
Kiri = hidari
Di depan = mae ni
Di belakang = ushiro ni
Di samping = tonari ni

ANGGOTA TUBUH
Rambut = kami (no ke)
Kepala = atama
Mata = me
Hidung = hana
Telinga = mimi
Gigi = ha
Mulut = kuchi
Tenggorokan = nodo
Dada = mune
Perut = onaka, hara
Pusar = heso
Lengan = ude
Tangan = te
Jari = yubi
Kaki = ashi
Kuku = tsume

WARNA
Hitam = kuro
Putih = shiro
Merah = akai
Biru = aoi
Hijau = midori
Kuning = soiro
Ungu = murasaki
Abu-abu = haiiro
Jingga = orenjiiro
Pink = momoiro
Perak = giniro
Emas = kiniro

ada (benda) aru
ada (org/ hwn) iru
air mizu
air mata namida
air terjun taki
airport kukou
akar ne
aktor danyu
alamat jusho
ambil toru
anak kodomo
anatara aida
anggur budou
angin kaze
apa nani
apa nani
apel ringo
api hi, honou
arsitek kenchikuka
atap yane
atas ue
aum (meng-) hoeru
awan kumo
ayunan (mainan) buranko

baca (mem-) yomu
bagaimana dou
bagi (mem-) wakeru
bahasa go
baik ii
balon fusen
banci okama
bangun okiru
bangun (dr tidur) mezameru
bangunan tatemono
bank ginkou
bantal makura
banyak takusan
basah nureta
bata renga
baterai denchi
batu ishi
bawa (mem-) hakobu
bawah shita
bawang merah tamanegi
bayangan kage
bayi akachan
beberapa ikuraka
belanjaan kaimono
beli kau
benang ito
benci kirai
benda mono
bendera hata
berapa ikutsu
beras kome
berat omoi
berbakat tensai
berdiri tatsu
berguna benrina
berhenti tomaru
beri (di) kureru
beri (mem-) ageru
berisik urusai
berkata iu
berkelahi kenka suru
bertemu au
besar dai, ooki
besar ooki
besi tetsu
bicara hanasu
bidadari tennyoo
binatang doubutsu
bintang hoshi
blus burausu
bodoh baka
bodoh heta
bola tama
boneka ningyo
buah kudamono
buka (mem-) akeru
bukit oka
buku hon
bulan tsuki
bulat marui
bumi tenge
bumi (planet) chikyu
bunga hana
bunyi oto
bus basu

cabang eda
cahaya hikari
cakar kagitsume
cari sagasu
cepat hayai
cerai rikon
cerita (ber-) oshieru
cermin kagami
cerry momo
cincin yubiwa
cinta ai
cuci arau
curi (men-) nusumu

daging niku
dalam fukai
damai heiwa
danau mizuumi
dangkal asai
dapur daidokoro
darah chi
datang kuru
daun happa
debu hokori
dekan gakuchou
dekat chikai
demi/ untuk (no) tame
dengar kiku
depan mae
dept store depa~to
desa mura
dewa kami
dewasa otona
di mana doko
diam!! shisshi
dinding kabe
dingin samui/ tsumetai
direktur shachou
dokter isha
dongeng monogatari
dorong osu
dosen kooshi
duduk suwaru
dunia sekai
dunia sekai

ekor shippo
emas kin
ember oke
es koori

film eiga

gambar e
gambar (meng-) hiku
gangguan jamamono
garpu foku
gelap kurai
gemuk futoi
gereja kyoukai
gereja kyookai
gigit (meng-) kamu
gunting hasami
gunung yama
guru sensei
gurun pasir sabaku

hadiah shouhin
halo moshimoshi
handuk taoru
hantu obake
hanya dake
hari lahir tanjoubi
hati kokoro
hidup ikiru
hilang kieru
hitung (verb) kazoeru
hotel hoteru
hujan ame
hutan hayashi, mori

iblis oni
ibukota shuto
ikatan kizuna
ingat oboeru
ini kono
istana kyuuden
istirahat yasumi
itu ano, sono

jalan michi
jalan (ber-) aruite
jam tokei
jangan dame
jarum hari
jatuh ochiru
jauh tooi
jawaban kotae
jelek warui
jembatan hashi
jendela mado
jeruk mikan
jual (men-) uru

kabur (lari) nigeru
kacamata megane
kalung kubikazari
kamar heya
kamera kamera
kamus jisho
kanan migi
kantor jimusho
kantor pos yuubinkyoku
kapal fune
kapal selam sensuikan
karang iwa
karena kara
kartu ka-do
kartu pos hagaki
karung fukuro
kaus kaki kutsushita
kaya kanemochi
kayangan tenjou
kebebasan jiyuu
kebun niwa
kebun binatang doubutsuen
kecelakaan jiko
kecil chiisai
keinginan nozomi
kejar oikakeru
kekasih aijin
kekuatan chikara
kelas kyoushitsu
kelompok dantai
keluar deru
keluarga kazoku
kembang api hanabi
kembar futago
kemudian soshite
kenangan omoi
kenapa naze
kencan de~to
kendaraan norimono
kentang jagaimo
kerang kai
keranjang kago
kereta api kisha
kereta bwh tanah chika tetsu
kering kawaita
kerja (be-) hataraku
kertas kami
khawatir shinpai suru
kiri hidari
kmr mandi furoba
kolam ike
komputer pasokom
kopi kohii
koran shimbun
kosong kara
kota machi
kotak hako
kuat tsuyoi
kubis kyabetsu
kuil tera
kumis hige
kunci kagi
kursi isu
kurus hosoi
kurus hosoi

lagi mata
lagu uta
lahir umareru
laki otoko
laki2 (remaja) shounen
lambat yukkuri
lampu rampu
langit-langit tenjou
lantai yuka
lapangan hiroba
lari hashiru
laut umi
layangan tako
legenda densetsu
lelah tsukarete
lemari tana
lempar (me-) nageru
lepas (me-) hanasu
liar yasei no
lidah shita
lihat (me-) miru
listrik denki
lompat tobu
luas hiroi
lubang ana
lucu omoshiroi
lutut hiza

mahal takai
mahasiswa daigakusei
mahkota oukan
main (ber-) asobu
majalah zasshi
makan taberu
makan malam ban gohan
makanan tabemono
malaikat tenshi
malam yoru
malas namake
maling dorobo
mampu dekiru
mandi basu
manis amai
manusia ningen
marah okoru
masih mada
masuk hairu
matahari taiyou
mati shi
meja tsukue
melon meron
menang katsu
menara tawa~
mengalir nagareru
mimpi yume
minta tanomu
minum nomu
minuman nomumono
miskin bimbo
mobil kuruma
mohon (please) onegai
muatan nimotsu
muda wakai
mulai hajimeru
mulai/ dari kara
mungkin tashika
murah yasui
musik ongaku

naik noboru
naik kendaraan noru
nama namae
nama namae
nanas painapuru
nasi gohan
negara kuni
nikah kekkon suru
noda shimi

ombak nami
opera geki
orang hito, jin
orang sakit byonin

pabrik koojoo
pacar koibito
pagar hei
paham wakaru
pahit nigai
paku kugi
panah ya
panas atsui/ atatakai
pandai jouzu
pangeran ojisama
panggil yobu
panjang nagai
pantai kaigan
pasar ichiba
pasti kanarazu
payung kasa
pedang ken
pegang mottsu
pegawai kaishain
pekerjaan shigoto
pelabuhan minato
pelajar gakusei
pelangi niji
pelukis gaka
pendek mijikai
pensil empitsu
penting daijina
perahu layar hansen
perak gin
perawat kangofu
percobaan jikken
perempuan onna
perempuan (remaja) shoujo
permata houseki
perpustakaan toshokan
pertanyaan shitsumon
pesawat hikouki
peta chizu
pikir (ber-) kangaeru
pindah ugoku
pintu doa
piring sara
pisang banana
pisang banana
pisau naifu
pita ribon
pohon ki
polisi keisastu
politik seiji
potong kiru
potret shashin
prangko kitte
profesor hakase
pulang kaeri
pulau shima
punya aru
pupil hitomi
putar (ber-) mawaru

radio rajio
raja ou
rak buku hondana
ratu joou
renang suiei
rendah hikui
ringan karui
roda sharin
rok sukaato
roti pan
rumah ie
rumput kusa

sabun sekken
salah mahigai
salah chigau
sama onaji
sampai made
sangat, pasti mochiron
sangkar kago
sawah tanbo
sayang koi
sayap hane, tsubasa
sayur yasai
sebentar chotto
seberang kanata
sedikit sukashi
sejarah rekishi
sekolah gakkou
selada sarada
selalu itsumo
sembunyi kakureru
sempit semai
sendok supun
senior senpai
sentuh sawaru
senyum hohoemu
sepatu kutsu
sepeda jitensha
sepi shizukana
seram osoroshii
sering yoku
siapa dare
sibuk isogashii
sisir kushi
SMS mairu
sopir untenshu
stasiun eki
stereo sutereo
suara koe
sudut sumi
suka suki
suka suki
sulit muzukashi
sungai kawa
supermarket su~pa~
surat tegami
surga tengoku
susu (milk) miruku

takut kowagaru, osoreru
tali tsuna
taman kouen
tamat owari
tanah tsuchi
tanaman shokobutsu
tangga kaidan
tangis (me-) naku
tangkap tsukamu
tapi dakedo
tas kaban
tebal atsui
tehh ocha
televisi terebi
telpon denwa
telur tamago
teman tomo
tempat tokoro
tepung kona
terahir saigo
terang akarui
terbakar moeru
terbang tobu
teriak sakebu
terima (me-) morau
tertawa warau
tiba tsuku
tiket kippu
tinggi takai
tipis ushi
tiup fuku
tmp tidur beddo
togkat tsue
toko sayur yaoya
tolak (me-) kotowaru
tolong (me-) tetsudau
tomat tomato
topeng kamen
topi boshi
topi boshi
tua toshiyori
tubuh karada
tunggu matsu
turun oriru
tutup shimeru

uang kane
ubah (ber-) kawaru
universitas daigaku

wajah kao
waktu jikan
waktu luang hima

A
(no) tame demi/ untuk
ageru beri (mem-)
ahiru bebek
ai cinta
aida antara
aijin kekasih
akachan bayi
akai Merah
akarui terang
akeru buka (mem-)
aki Musim gugur
amai manis
ame hujan
ana lubang
ano, sono itu
aoi Biru
arau cuci
ari semut
aru ada (benda)
aru punya
aruite jalan (ber-)
asa Pagi
asai dangkal
asatte 2 hari lagi
ashi Kaki
ashita Besok
asobu main (ber-)
atama Kepala
atsui tebal
atsui/ atatakai panas
au bertemu
azarashi anjiinq laut

B
baka bodoh
ban gohan makan malam
banana pisang
banana pisang
bango angka
basu bus
basu mandi
beddo tmp tidur
benrina berguna
bimbo miskin
boshi topi
budou anggur
buranko ayunan (mainan)
burausu blus
buta bab!
byonin orang sakit

C
chi darah
chigau salah
chiisai kecil
chika tetsu kereta bwh tanah
chikai dekat
chikara kekuatan
chikyu bumi (planet)
chizu peta
chocho kupu-kupu
chotto sebentar

D
dachou burung unta
dai, ooki besar
daidokoro dapur
daigaku universitas
daigakusei mahasiswa
daijina penting
dake hanya
dakedo tapi
dame jangan
dantai kelompok
danyu aktor
dare siapa
de~to kencan
dekiru mampu
denchi baterai
denki listrik
densetsu legenda
denwa telpon
depa~to dept store
deru keluar
doa pintu
doko di mana
dorobo maling
dou bagaimana
doubutsu binatang
doubutsuen kebun binatang
Doyoubi Sabtu

E
e gambar
eda cabang
eiga film
eki stasiun
empitsu pensil

F
foku garpu
fukai dalam
fuku tiup
fukuro karung
fune kapal
furoba kmr mandi
fusen balon
futago kembar
futoi gemuk
fuyu Musim dingin

G
gaka pelukis
gakkou sekolah
gakuchou dekan
gakusei siswa
geki opera
getsu Bulan
Getsuyoubi Senin
gin perak (logam)
giniro Perak (warna)
ginkou bank
go bahasa
Go 5
Gogatsu Mei
gogo Menjelang sore
gohan nasi
gokiburi kecoa
gozen Menjelang siang

H
ha Gigi
Hachi 8
hachi/ mitsu lebah
hachigatsu Agustus
hae lalat
hagaki kartu pos
haiiro Abu-abu
hairu, ireru masuk
hajimeru mulai
hakase profesor
hako kotak
hakobu bawa (mem-)
hana bunga
hana Hidung
hanabi kembang api
hanasu bicara
hanasu lepas (me-)
hane, tsubasa sayap
hansen perahu layar
happa daun
hari jarum
haru Musim semi
hasami gunting
hashi jembatan
hashiru lari
hata bendera
hataraku kerja (be-)
hayai cepat
hayashi, mori hutan
hebi ular
hei pagar
heiwa damai
heso Pusar
heta bodoh
heya kamar
hi, honou api
hibi hari-hari
hidari kiri
hige kumis
hikari cahaya
hikouki pesawat
hiku gambar (meng-)
hikui rendah
hima waktu luang
hiroba lapangan
hiroi luas
hiru lintah
hiru Siang
hito, jin orang
hitode bintang laut
hitomi pupil
hitsuji domba
hiyo ayam
hiza lutut
hoeru aum (meng-)
hohoemu senyum
hokori debu
hon buku
hondana rak buku
hoshi bintang
hosoi kurus
HOTARU kunang-kunang
hoteru hotel
houseki permata
Hyaku 100
Hyakuman 1000000

I
Ichi 1
ichiba pasar
Ichigatsu Januari
ie rumah
ii baik
ike kolam
ikiru hidup
ikuraka beberapa
ikutsu berapa
ima Sekarang
inu anjiinq
iro warna
iru ada (org/ hwn)
isha dokter
ishi batu
isogashii sibuk
isu kursi
ito benang
itsumo selalu
iu berkata
iwa karang

J
jagaimo kentang
jamamono gangguan
jikan waktu
jikken percobaan
jiko kecelakaan
jimusho kantor
jisho kamus
jitensha sepeda
jiyuu kebebasan
joou ratu
jouzu pandai
jusho alamat
Juu 10
juugatsu Oktober
juuichigatsu November
juunigatsu Desember

K
ka nyamuk
kaban tas
kabe dinding
kacho angsa
ka-do kartu
kaeri pulang
kaeru katak
kagami cermin
kage bayangan
kagi kunci
kagitsume cakar
kago keranjang
kago sangkar
kai kerang
kaidan tangga
kaigan pantai
kaimono belanjaan
kaishain pegawai
kakureru sembunyi
kamen topeng
kamera kamera
kami dewa
kami kertas
kami (no ke) Rambut
kamu gigit (meng-)
kanarazu pasti
kanata seberang
kane uang
kanemochi kaya
kangaeru pikir (ber-)
kangofu perawat
kani kepiting
kao wajah
kara karena
kara kosong
kara mulai/ dari
karada tubuh
karui ringan
kasa payung
katatsumuri siput
katsu menang
kau beli
kawa sungai
kawaita kering
kawaru ubah (ber-)
Kayoubi Selasa
kaze angin
kazoeru hitung (verb)
kazoku keluarga
keisastu polisi
kekkon suru nikah
kemushi ulat
ken pedang
kenchikuka arsitek
kenka suru berkelahi
ki pohon
kieru hilang
kiku dengar
kin emas (logam)
kiniro Emas (warna)
kinou Kemarin
Kinyoubi Jumat
kippu tiket
kirai benci
kirin jerapah
kiru potong
kisetsu musim
kisha kereta api
kitte prangko
kizuna ikatan
kodomo anak
koe suara
kohii kopi
koi sayang
koibito pacar
kokoro hati
kome beras
kona tepung
kongetsu Bulan ini
konnen/ kotoshi Tahun ini
kono ini
koojoo pabrik
koori es
kooshi dosen
kotae jawaban
kotowaru tolak (me-)
kouen taman
kowagaru, takut
Ku/ kyuu 9
kubikazari kalung
kuchi Mulut
kudamono buah
kugatsu September
kugi paku
kukou airport
kuma keruang
kumo awan
kumo laba-laba
kuni negara
kurai gelap
kureru beri (di)
kuroi Hitam
kuru datang
kuruma mobil
kusa rumput
kushi sisir
kusuri obat
kutsu sepatu
kutsushita kaus kaki
kyabetsu kubis
kyonen Tahun lalu
kyou Hari ini
kyoukai gereja
kyoushitsu kelas
kyuuden istana

M
machi kota
mada masih
made sampai
mado jendela
mae depan
maguro tuna (ikan)
mahigai salah
mairu SMS
makura bantal
Man/ ichiman 10000
marui bulat
mata lagi
matsu tunggu
mawaru putar (ber-)
me Mata
megane kacamata
meron melon
mezameru bangun (dr tidur)
michi jalan
midori Hijau
migi kanan
mijikai pendek
mikan jeruk
mimi Telinga
mimizu cacing
minato pelabuhan
mirai/ shorai Masa depan
miru lihat (me-)
miruku susu (milk)
mizu air
mizuumi danau
mochiron sangat, pasti
moeru terbakar
Mokuyoubi Kamis
momo cerry
momoiro Pink
mono benda
monogatari dongeng
morau terima (me-)
moshimoshi halo
mottsu pegang
mukashi Dulu
mune Dada
mura desa
murasaki Ungu
mushi serangga
muzukashi sulit

N
nagai panjang
nagareru mengalir
nageru lempar (me-)
naifu pisau
naka ni Di dalam
naku tangis (me-)
namae nama
namake malas
nami ombak
namida air mata
nani apa
natsu Musim panas
naze kenapa
ne akar
neko kucing
nen/ toshi Tahun
nezumi tikus
Ni 2
Nichiyoubi Minggu
nigai pahit
Nigatsu Februari
nigeru kabur (lari)
niji pelangi
niku daging
nimotsu muatan
ningen manusia
ningyo boneka
niwa kebun
noboru naik
nodo Tenggorokan
nomu minum
nomumono minuman
norimono kendaraan
noru naik kendaraan
nozomi keinginan
nureta basah
nusumu curi (men-)

O
obake hantu
oboeru ingat
ocha teh
ochiru jatuh
oikakeru kejar
ojisama pangeran
oka bukit
okama banci
okami serigala
oke ember
okiru bangun
okoru marah
omoi kenangan
omoi berat
omoshiroi lucu
onaji sama
onaka, hara Perut
onegai mohon (please)
ongaku musik
oni iblis
onna perempuan
ooki besar
orenji iro Jingga
oriru turun
oshieru cerita (ber-)
osoreru takut
osoroshii seram
osu dorong
oto bunyi/ suara
otoko laki
otona dewasa
ototoi 2 hari lalu
ou raja
oukan mahkota
owari tamat

P
painapuru nanas
pan roti
pasokon komputer

R
raba keledai
rai shuu Minggu depan
raigetsu Bulan depan
rainen Tahun depan
rajio radio
rakuda unta
rampu lampu
rekishi sejarah
renga bata
ribon pita
rikon cerai
ringo apel
risu tupai
Roku 6
Rokugatsu Juni

S
saba tenggiri (ikan)
sabaku gurun pasir
sagasu cari
saigo terahir
sakana ikan
sakebu teriak
samui/ tsumetai dingin
San 3
Sangatsu Maret
sara piring
sarada selada
saru monjet
sawaru sentuh
seiji politik
sekai dunia
sekai dunia
sekken sabun
semai sempit
Sen 1000
sengetsu Bulan lalu
senpai senior
sensei guru
sensuikan kapal selam
shachou direktur
sharin roda
shashin potret
shi mati
Shi/ yon 4
shigoto pekerjaan
shika rusa
shiki Empat musim
shima pulau
shimauma zebra
shimbun koran
shimeru tutup
shimi noda
shinpai suru khawatir
shippo ekor
shiroi Putih
shishi singa
shisshi diam!!
shita bawah
shita lidah
shita ni Di bawah
shitsumon pertanyaan
shizukana sepi
shokobutsu tanaman
shouhin hadiah
shoujo perempuan (remaja)
shounen laki2 (remaja)
shuto ibukota
shuu Minggu/ pekan
Sichi/ nana 7
Sichigatsu/ nanagatsu Juli
soiro Kuning
soshite kemudian
soto ni Di luar
suiei renang
Suiyoubi Rabu
sukaato rok
sukashi sedikit
suki suka
suki suka
sumi sudut
supun sendok
sutereo stereo
suwaru duduk

T
tabemono makanan
taberu makan
taiyou matahari
takai mahal
takai tinggi
taki air terjun
tako layangan
takusan banyak
tama bola
tamago telur
tamanegi bawang merah
tana lemari
tanbo sawah
tanjoubi hari lahir
tanomu minta
taoru handuk
tashika mungkin
tatemono bangunan
tatsu berdiri
tawa~ menara
te Tangan
tegami surat
tenge bumi
tengoku surga
tenjou kayangan
tenjou langit-langit
tennyoo bidadari
tensai berbakat
tenshi malaikat
tera kuil
terebi televisi
tetsu besi
tetsudau tolong (me-)
tobu lompat
tobu terbang
tokage kadal
tokei jam
tokoro tempat
tomaru berhenti
tomato tomat
tomo teman
tonari ni Di samping
tooi jauh
tora macan
tori burung
toru ambil
toshiyori tua
toshokan perpustakaan
tsuchi tanah
tsue togkat
tsukamu tangkap
tsukarete lelah
tsuki bulan
tsuku tiba
tsukue meja
tsume Kuku
tsuna tali
tsuyoi kuat

U
ude Lengan
ue atas
ue Di atas
ugoku pindah
uma kuda
umareru lahir
umi laut
unagi belut
untenshu sopir
uru jual (men-)
urusai berisik
usagi kelinci
ushi sapi
ushi tipis
ushiro ni Di belakang
uta lagu
uzura burung puyuh

W
wakai muda
wakaru paham
wakeru bagi (mem-)
wani buaya
warau tertawa
warui jelek

Y
ya panah
yagi kambing
yama gunung
yamori cicak
yane atap
yaoya toko sayur
yasai sayur
yasei no liar
yasui murah
yasumi istirahat
yobu panggil
yoku sering
yomu baca (mem-)
Yongatsu/ shigatsu April
yoru malam
yoru/ ban Malam
yubi Jari
yubiwa cincin
yuka lantai
yukkuri lambat
yume mimpi
yuubinkyoku kantor pos
yuugata Sore

zasshi majalah
zou gajah

Taken From NX Th4nX to BebeKCHinA! Nice Post…

4 Responses to “Cara Konyol Belajar Bahasa Jepang”

  1. zam Says:

    asyyikk tambah lagi ya

  2. Araneta Says:

    OK dah.. tar klo dapet lagi pasti gw update…😉
    Th4nX for comment…..

  3. FaNKoPHaT Says:

    aku minta kamusnya dong kirim via email aja

  4. FaNKoPHaT Says:

    aku minta kamus itali dong..😦


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: